Soal TIK Kelas X Semester 2
ini ada Soal TIK kelas X Semester2, ini dapat membantu kalian dalam Proses Belajar,hehe
Kumpulan soal, Materi pembelajaran kelas X Semester2(Genap),Berikut Merupakan contoh
1. Berikut ini adalah cara untuk menampilkan menu Pop Up yang benar adalah ....
A. double klik kanan
B. klik kiri satu kali
C. klik kanan satu kali
D. klik kanan kiri satu kali
E. Klik kanan dan drag
2. Dibawah ini adalah menu pull down file kecuali ....
A. Save As, Replace, Print Preview
B. Open, Save, Search
C. Open, Exit, Search
D. New, Print, Send to
E. Versions, Property, Page Setup
3. Untuk menampilkan file yang berbentuk gambar, pada icon view kita pilih ….
A. Tiles
B. Icon
C. List
D. Thumnails
E. Details
4. Pada fasilitas windows explorer terdapat keterangan name, date modified, type, size. Fungsi dari date modified adalah ....
A. untuk menunjukkan tanggal
B. untuk menunjukkan ukuran file
C. untuk menunjukkan tanggal pembuatan
D. untuk menunjukkan nama file
E. untuk menunjukkan tipe file
5. Di bawah ini adalah bagian dari menu Pop Up, kecuali….
A. Open
B. Save
C. Page Setup
D. Print
E. File
6. Ekstensi dari file Microsoft Excel 2003 adalah ....
A. .doc
B. .xls
C. .ppt
D. .pdf
E. .exc
7. Untuk mengganti nama dokumen LATIH-1.doc menjadi LATIHAN-1.doc caranya adalah ....
A. Copy LATIH-1.doc – LATIHAN-1.doc
B. Paste LATIH-1.doc – LATIHAN-1.doc
C. Edit LATIH-1.doc – LATIHAN-1.doc
D. File LATIH-1.doc – LATIHAN-1.doc
E. Rename LATIH-1.doc – LATIHAN-1.doc
8. Metode memindahkan satu file ke folder yang lainnya dengan cara klik file yang bersangkutan jangan dilepas kemudian dibawa ke folder yang dikehendaki adalah metode ....
A. drag and drop
B. drag and klik
C. klik and drag
D. double klik and drop
E. klik kanan dan drag
9. Cara menutup jendela Windows Explorer adalah ….
A. Esc
B. Ctrl + F4
C. File – Exit
D. File – Close
E. Exit
10. Pada lembar kerja Microsoft Word yang berfungsi untuk mengetahui nama dokumen yang sedang aktif disebut ….
A. sub menu
B. toolbars
C. title menu
D. tool menu
E. menu pokok
11. Untuk memudahkan pencarian file, melalui windows explorer piih perintah ….
A. Rename
B. Search
C. Find
D. Sortir
E. Membuat folder
12. Menu yang berfungsi untuk kembali ke perintah sebelumnya adalah ….
A. undo
B. format painter
C. redo
D. cut
E. copy paste
13. Pada Microsoft Word Office 2003 untuk menampilkan dan menyembunyikan toolbars standard langkah-langkahnya adalah ….
A. klik menu file, pilih toolbars, klik standar
B. klik menu edit, klik standar
C. klik menu view, pilih dan klik standar
D. klik menu format, pilih toolbars, klik standar
E. klik menu view, pilih toolbars, klik standar
14. Dalam Microsoft Word Office 2003 untuk mengatur kertas menggunakan menu ….
A. File, open
B. File, page stup
C. File, print
D. File, print preview
E. File, search
15. Dalam Microsoft Word perintah untuk memberi tanda bagian depan pargraf adalah ….
A. Bullet and nambering
B. Bullets
C. Numbering
D. Alignment
E. Margin
16. 1. klik menu insert
2. pilih salah satu huruf symbol yang dikehendaki
3. klik insert
4. pilih dan klik symbol, setelah muncul dialog symbol
5. close
Urutan perintah untuk menyisipkan symbol yang benar adalah ….
A. 1 – 3 – 2 – 4 – 5
B. 1 – 5 – 2 – 3 – 4
C. 4 – 5 – 1 – 2 – 3
D. 1 – 4 – 2 – 3 – 5
E. 5 – 4 – 1 – 2 – 3
17. Pada MS. Word terdapat fasilitas Find, Replace dan Go To, yang berfungsi untuk mengganti kata tertentu dengan kata yang baru adalah ….
A. Find
B. Go To
C. Go
D. To
E. Replace
18. Di bawah ini yang termasuk dalam perintah changecase, kecual….
A. Upercase
- Sentence Case
- Numeric Case
- Lowercase
- Toggle Case
19. Untuk membuat catatan kaki pada dokumen yang telah kita buat dapat kita lakukan dengan perintah…
A. File →Header And Footer
B. Edit →Header And Footer
C. View →Header And Footer
D. Insert→ Header And Footer
E. Format →Header And Footer
20. Penempatan objek berada dibelakang teks menggunakan perintah….
- Square
- Tight
- In Front of Text
- Through
- Behind Text
21. Untuk memberi bingkai pada hasil pekerjaan kita dalam MS. Word fasilitas yang digunakan adalah ….
A. Shading
B. border and shading
C. border
D. editing
E. opening
22. Word menyediakan fasilitas membuat teks indah, menggunakan ….
A. Word Art
B. Autoshapes
- Clip Art
- Font Color
- Fill Color
23. Pada jendela Paragraph box yang digunakan untuk memilih jenis spasi adalah ….
A. Special
- General
- Line Spacing
- Spacing
- Outline Level
24. Untuk menuliskan angka 2 pada : H2SO4 adalah menggunakan fasilitas ….
A. Subcript
B. Supercript
C. Small Caps
D. Shadows
E. Strike through
25. Salah satu keunggulan Microsoft Word adalah dapat membuat penulisan rumus Matematika dengan mudah yaitu ….
A. Formula
B. Equation Editor
C. Editor
D. Matematic
E. Statistic
26. Langkah- langkah untuk membuat kolom Koran dengan dua kolom adalah ….
A. Insert → Column → Two
B. File → Column → Two
C. View→ Column → Three
D. Format→ Column→ Two
E. Table → Column→ Three
27. Langkah-langkah yang digunakan untuk menambah baris di atas baris yang kita blok adalah …
A. Table → Insert→ Row Left
B. Table→ Insert→ Row Below
C. Table→ Insert→ Row Cell
D. Table→ Insert → Row Right
E. Table→ Insert→ Row Above
28. Garis tengah pada sebuah kolom disebut ….
A. Line Style
B. Line
C. Equal column with
D. Spacing
E. Line Between
29. Membuat Tabel pada Microsoft Word dapat anda lakukan dengan perintah….
A. Table-Insert-Column |
B. Table-View-Table |
C. Table-Insert-Row |
D. Table-Insert-Table |
E. Table-Insert-Column-Row |
30. Langkah-langkah yang digunakan untuk menghapus kolom di sebelah kiri kolom adalah ….
A. Table → Delete→ Column Above
B. Table→ Delete→ Column Below
C. Table→ Delete→ Column Center
D. Table→ Delete→ Column Left
E. Table→ Delete→ Column Right
31. Untuk mendapat teks rata tengah pada sel yang digabungkan adalah ….
A. Align Top Left
B. Align Center Left
C. Align Center
D. Align Center Raight
E. Align Bottom Right
32. Perintah yang di gunakan untuk menggabungkan baris atau kolom adalah ….
A. Table → Merge Cell
B. Table → Mail Merge
C. Table → Split Cell
D. Table → Count
E. Table → Average
33. Word mempunyai fasilitas mengitung cepat dalam tabel, yaitu ....
A . Formula
B. SUM
C. Filter
D. Sort
E. Auto Format
34. Perintah tombol untuk mencari kata adalah ....
A. Ctrl + H
B. Ctrl + B
C. Ctrl + J
D. Ctrl + X
E. Ctrl + F
35. Salah satu cara untuk mempercepat ketikan di word adalah dengan menggunakan fasilitas ....
A. Autosumarize
B. Autocorect
C. Word Count
D. Speech
E. Research
36. Sebelum kita melakukan pencetakan sebaiknya kita lihat tampilan sementara, yaitu ....
A. Zoom
B. Print
C. Save
D. Print Preview
E. Research
37. Untuk membuat Field kita dapat memilih Type a new list kemudian klik Create, perintah tersebut ada pada step ….
A. 1 of 2
B. 2 of 6
C. 3 of 6
D. 4 of 6
E. 1 of 3
38. Pada saat kita menyimpan dokumen pada Ms. Word 2003 maka secara default file yang tersimpan akan berekstensi ….
A. .doc
B. . ppt
C. .xls
D. .cdr
E. .jpeg
39. Di bawah tiga tahapan dalam pembuatan mail merge, yaitu ….
A. Main data, Letter dan Mailing
B. Mailing, Merge Data Data Source
C. Open Data, Input dan Output
D. Input, Process dan Output
E. Main document, Data Source dan Merge Data
40. Membuat surat dengan format yang sama namun isi dan tujuannya berbeda dapat dilakukan dengan ….
- Data Source
- Master Data
- Merge Data
- Mail Marge
- Letter and Mailing
41. Di bawah ini icon yang terdapat pada toolbar mail merge, kecuali ….
A. Insert Object
B. Insert Merge Field
C. Insert Word Field
D. View Merge data
E. Open Data Source
42. Pada select recipient, type a new list kita pilih jika ….
- Menggunakan sumber data yang sudah ada
- Menggunakan sumber data yang tersimpan dalam email
- Membuat field baru
- Menggunakan dokumen lain
- Membuat sumber data baru
43. Pada Step 1 of 6 jika anda ingin membuat dokumen jenis surat, maka pada selct document type kita pilih ….
- Envelopes
- Letter
- Labels
- Directory
44. Apabila ingin menggunakan sumber data yang sudah kita simpan, pada select recipients kita pilih ….
- Select from outlook contact
- Type new list
- Create data source
- Use an existing list
- Use the current document
45. Hasil penggabungan data dapat kita cetak dengan perintah ….
- Merge to document
- Print Document
- Merge to printer
- Print Record
- View merge data print