terusan panama adalah terusan yang memotong tanah genting panama
sepanjang 82 km, memotong amerika utara dan amerika selatan serta
menghubungkan samudra pasifik dan atlantik. Terusan ini memotong waktu
tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan amerika
selatan.
Karena membelah dataran tinggi, kapal yang lewat kanal ini seperti naik turun
gunung. Untuk itu kapal harus melewati tiga kolam dam. Di mana kapal
diangkat sampai setinggi 26 m di atas permukaan laut dan pada dam terakhir
kembali diturunkan. Jalan pintas sepanjang 82 km itu dilewati hanya dalam
waktu 8 jam. 14.000 kapal per tahun
sepanjang 82 km, memotong amerika utara dan amerika selatan serta
menghubungkan samudra pasifik dan atlantik. Terusan ini memotong waktu
tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan amerika
selatan.
Karena membelah dataran tinggi, kapal yang lewat kanal ini seperti naik turun
gunung. Untuk itu kapal harus melewati tiga kolam dam. Di mana kapal
diangkat sampai setinggi 26 m di atas permukaan laut dan pada dam terakhir
kembali diturunkan. Jalan pintas sepanjang 82 km itu dilewati hanya dalam
waktu 8 jam. 14.000 kapal per tahun
Spoiler for terusan panama:
di terusan panama terdapat 3 lock, yaitu gatun locks, pedro miguel locks
dan miraflores locks. Kapal yang datang dari arah samudera atlantik akan
melewati gatun locks dan kapal diangkat 85 feet (26 meter) ke permukaan
danau gatun, kemudian kapal terus melintasi danau gatun hingga jarak 23 mil
(37 km) sebelum kemudian masuk gaillard (culebra). Nah setelah melewati
gaillard cut ini kapal kemudian akan berlayar menuju pedro miguel locks
( panjang gaillard cut sendiri adalah 8 mil atau 13 km ). Sesampai di pedro
miguel locks, nah pada locks ini ketinggian air akan berubah lebih rendah
yaitu sekitar 30 feet atau 9 m yang kemudian kapal di arahkan berlayar
menuju danau miraflores (danau ini lebih kecil ketimbang danau gatun pada
locks pertama tadi) yang akhirnya akan bertemu locks terakhir yaitu miraflores
locks dan kapal akan kembali di turunkan ke sea level yang lalu kemudian
kapal akan kembali berlayar bebas ke laut lepas ( samudera pacifik), dan total
jarak tempuh dari gatun locks ke miraflorest mencapai 80 km atau 50 mil.kapal
kapal sendiri akan di tarik oleh semacam kereta dari sisi sisi kanal pada saat
akan memasuki locks untuk menjaga posisinya.
Spoiler for konstruksi:
tahun 2007 lalu, terusan panama mulai diperluas. Walau masing-masing dam
panjangnya 305 m, lebar 33,5 m, suatu ukuran raksasa bagi kebutuhan di
tahun 1914. Tapi ini sudah tidak cocok lagi buat kapal-kapal tanker raksasa
maupun kapal-kapal induk atau pengangkut pesawat terbesar as masa kini.
Kapal pesiar “queen elizabeth 2″ misalnya, saat melewati kanal, di kedua sisi
badan kapal itu masing-masing hanya tinggal selisih 75 cm dari dinding dam.
Sedangkan kapal tempur as “new jersey” hanya menyisakan ruang tidak
sampai 25 cm di kedua sisinya! Tentu saja ini membuat kecut para pemandu
kapal, yang harus berada di atas kapal saat pengontrol lokomotif kecil yang
menarik kapal-kapal itu memasuki dam lewat rel baja.
Spoiler for kondisi terkini:
Spoiler for perluasan:
secara kongkrit, perluasan terusan panama akan dibarengi dengan
pembangunan dua pintu air ekstra lebar, yaitu pada awal dan akhir terusan.
Terusan panama juga akan diperluas dan diperdalam di beberapa tempat.
Proyek ini akan makan waktu paling sedikit delapan tahun dan biayanya
mencapai lebih dari usd 5 milyar.
http://kask.us/2628877